Administrasi & Manajemen Organisasi

Administrasi & Manajemen Organisasi


Administrasi & Manajemen Organisasi
Pengertian

Secara etimologi, administrasi berasal dari bahasa Yunani “Administrare” atau administer yang berarti mengendalikan, mengelola atau menangani urusan urusan seperti negara, pemerintahan, organisasi, rumah tangga ataupun pengelolaan suatu bisnis/ usaha. Dalam bahasa inggris ad = to,  ministro = minister yang berarti “melayani atau menyelenggarakan” (webster 1974). Definisi yang sederhana dari administrasi adalah suatu proses kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara teratur dan diatur melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan akhir yang telah di tetapkan.
 
Administrasi terletak pada kerangka fundamental pada organisasi, di dalam dimana manajemen dari organisasi berfungsi, administrasi bersifat birokratis.

Secara Etimologi, Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak perbedaan.
 
Manajemen didefinisikan sebagai suatu tindakan mengelola orang dan pekerjaan mereka, untuk mendapatkan tujuan umum dengan menggunakan sumber daya organisasi. Manajemen membuat  lingkungan di bawah di mana manajer dan bawahannya bisa bekerja bersama untuk mendapatkan tujuan kelompok. Manajemen merupakan sekelompok orang yang menggunakan kemampuan dan bakat mereka dalam menjalankan keutuhan sistem dari organisasi. Manajemen merupakan sebuah kegiatan, fungsi, proses, disiplin, dan masih banyak lagi. Merencanakan, mengelola, memimpin, memotivasi, mengontrol, pembuat koordinasi dan keputusan adalah kegiatan utama yang dilakukan oleh manajemen. Manajemen membawa 5M dari suatu organisasi, yaitu Men (Orang), Material (Bahan), Machines (Mesin), Method (Metode), dan Money (Uang). Manajemen merupakan kegiatan yang berorientasi pada hasil, yang mana berfokus pada pencapaian hasil yang diinginkan.

Fungsi

Pada dasarnya fungsi administrasi dan fungsi manajemen adalah sama perbedanya dimana fungsi administrasi adalah untuk menentukan tujuan organisasi dan merumuskan kebijaksanaan umum, sedangkan manajemen bersifat melaksanakan kegitan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaan yang dirumuskan.
 
1. Planning (Perencanaan)
 
Perencanaan adalah proses untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi (perusahaan) sebagai langkah awal berdirinya sebuah organisasi. Fungsi perencanaan identik dengan penyusunan startegi, standar, dan serta arah dan tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan.
 
2. Organizing (Pengorganisasian)
 
Pengorganisasian berhubungan dengan bagaimana mengatur sumber daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara sistematis berdasarkan fungsi nya masing-masing. Dengan kata lain, fungsi organizing ini lebih menekankan pada bagaimana mengelompokan orang dan sumber daya agar menyatu.
 
3. Motivating (Motivasi)
 
Merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai. Motivating mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat, pendidikan dan pengembangan karier, pemberian cuti dan sebagainya maupun yang bersifat jasmaniah seperti sistem upah yang menggairahkan pemberian tunjangan, penyediaan fasiliatas yang lengkap dan sebagainya.
 
4. Directing (Pengarahan)
 
Fungsi manajemen dalam hal pengarahan lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal. Mulai dari pemberian bimbingan kerja, motivasi, penjelasan tugas rutin, dan lain sebagainya.
 
5. Accounting (Pelaporan)
 
Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. Salah satu wujud kongkrit dari pelaporan ini adalah: Progress Report (Laporan Pengembangan Kegiatan) atau Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kegiatan.
 
6. Controlling (Pengendalian)
 
Fungsi pengendalian lebih fokus pada evaluasi dan penilaian atas kinerja yang selama ini telah dilakukan dan berjalan. Fungsi pengendalian akan melihat apakah terdapat suatu hambatan atau tidak dalam proses mencapai tujuan organisasi.
 
7. Evaluating
 
Evaluating atau Penilaian adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.Dengan adanya penilaian maka akan dapat diketahui kekurangan dan kelemahan sehingga dapat direncanakan cara memperbaikinya.
 
Perbedaan Antara Manajemen & Administrasi
 
1. Manajemen adalah cara sistematis dalam mengatur orang dan hal-hal di dalam organisasi. Administrasi didefinisikan sebagai suatu tindakan mengelola keseluruhan oganisasi oleh sekelompok orang.
 
2. Manajemen adalah aktivitas pada tingkat fungsional dan bisnis, sementara administrasi adalah aktivitas pada level tinggi.
 
3. Manajemen memainkan peran eksekutif di organisasi. Tidak seperti administrasi yang memiliki peran menentukan.
 
4. Administrasi menentukan semua keputusan penting dari organisasi sementara manajemen membuat keputusan di dalam batas yang ditentukan administrasi.
 
5. Suatu kumpulan orang yang merupakan karyawan dari organisasi secara kolektif disebut sebagai manajemen. Di sisi lain, administrasi mewakili pemilik dari organisasi.
 
6. Manajemen bisa dilihat pada organisasi yang menghasilkan keuntungan seperti usaha bisnis. Sebaliknya, administrasi ditemukan pada kantor pemerintah dan militer, perkumpulan, rumah sakit, organisasi keagamaan, dan semua usaha yang tidak menghasilkan profit.
 
7. Manajemen merupakan semua tentag rencana dan tindakan, tetapi administrasi lebih berhubungan dengan penyusunan kebijakan dan penentuan tujuan.
 
8. Manajer mengurus manajemen dari organisasi, sementar administrator bertanggung jawab untuk administrasi organisasi.
 
9. Manajemen berfokus pada pengelolaan orang dan pekerjaannya. Di sisi lain, adminitrasi berfokus pada pembuatan pemanfaatan terbaik yang memungkinkan dari sumber daya organisasi.

Kesimpulan
 
Secara teoritis, bisa dibilang bahwa keduanya memiliki istilah yang berbeda, tetapi secara praktek, Anda akan menemukan bahwa kedua istilah tersebut kurang lebih sama. Anda akan menyadari bahwa seorang manajer melakukan kedua aktivitas fungsional dan administrative. Meskipun manajer yang bekerja pada level yang paling tinggi dikatakan sebagai bagian dari administrasi dan walaupun manajer bekerja pada level bawah atau menengah mewakili manajemen. Jadi, kita bisa bilang bahwa administrasi di atas manajemen.

***Dirangkum dari berbagai sumber.

No comments

Powered by Blogger.