Tiga Faktor Penambah Kekuatan Hafalan

Tiga Faktor Penambah Kekuatan Hafalan

Tiga Faktor Penambah Kekuatan Hafalan
Sayyidina ‘Ali Bin Abi Thalib R.A. berkata :
“Tiga hal dapat menambah kekuatan hafalan dan menghilangkan lendir (dahak), yaitu: Bersiwak, berpuasa, dan membaca al-Quran”.

Sebenarnya ajaran islam sangatlah komplit dalam mengurusi makhluknya. Mulai dari ibadah, adab sampai hal terkecil dari manusia pun diurus. Seperti kata Sayyidina ‘Ali r.a. tentang kiat menambah kekuatan dalam menghafal.

Yang pertama adalah bersiwak. Bersiwak yaitu membersihkan gigi dengan sesuatu yang keras. Seperti yang lazim di masyarakat, bersiwak menggunakan kayu iroq. Padahal bukan dengan itu saja kita bersiwak, dengan sikat gigi pun juga bisa. Namun aneh terlihat jika menggunakan sikat gigi dan dibawa kemana-mana. Semakin sering kita bersiwak semakin kuat kita dalam menghafal.

Nabi pun bersabda bahwa jika tidak memberatkan umatnya tentu bersiwak akan diwajibkan. Begitu penting bersiwak itu sehingga akan diwajibkan oleh Nabi. Selain menambah kekuatan dalam hafalan, bersiwak juga banyak manfaatnya. Gigi akan terlihat bersih dan yang paling utama adalah sebelum kita sholat lalu bersiwak pahala sholat akan dilipatgandakan 7o kali daripada sholat tanpa bersiwak.

Yang kedua adalah puasa. Dengan puasa hati kia akan tenang dan pikiran akan jernih sehingga apa yang kita pelajari mudah terserap dan akan selalu membekas diotak kita. Banyak orang menjadi besar karena rutin dalam berpuasa terutama puasa sunnah. Ada yang berpuasa sunnah senin dan kamis dan ada juga puasa Nabi Daud. Karena puasa mempunyai energi spirit yang besar sehingga membuat orang selalu tenang dalam melakukan apa yang dilakukan terutama dalam kalangan pelajar yang setiap hari memikirkan pelajaran.

Yang terakhir adalah membaca al-Quran. Al-Quran sebagai kitab suci ummat islam diturunkan dengan manfaat yang besar. Selain membaca akan mendapat pahala juga akan menambah kekuatan hafalan. Al-Quran yang dibaca terus-menerus akan membuat ingatan manusia menjadi tajam karena didalam al-Quran terdapat faedah-faedah yang besar.

Jadi dengan faktor-faktor yang telah diutarakan oleh Sayyidina ‘Ali hendaknya kita melaksanakan terutama karena kita seorang pelajar sehingga apa yang kita pelajari akan selalu membekas dan akan cepat keluar jika kita mengingatnya.

No comments

Powered by Blogger.