Rehabilitasi Psikologi "Harapan Untuk Kondisi Psikologi Kronis"

Rehabilitasi Psikologi
"Harapan Untuk Kondisi Psikologi Kronis"
Rehabilitasi Psikologi "Harapan Untuk Kondisi Psikologi Kronis"

Rehabilitasi psikologi dirisaukan dengan pengurusan dan pelumpuhan ilmu pengetahuan serta kondisi kesehatan kronis. Rehabilitasi psikologi merupakan salah satu awal penerapan bidang klinis dalam psikologi profesional; hal itu diakui dalam divisi Asosiasi Psikologi Amerika lebih dari 40 tahun yang lalu. Namun keahlian khusus jarang menempati pusat tingkatan dalam psikologi Amerika. Mungkin ini benar, pada sebagian, untuk rehabilitasi multidisiplin yang alami dan banyak jalan keluar untuk publikasi dengan pelopor yang berpengaruh dalam rehabilitasi (Shontz & Wright, 1980). Akan tetapi, lapangan telah tumbuh dengan hebatnya sejak  dua dekade yang lalu, dan gambaran singkat riset serta rehabilitasi aktifitas klinis psikolog menyatakan daerah yang sangat besar, sangat melebihi beberapa definisi tradisional atas psikologi profesional. Rehabilitasi psikologi sekarang meliputi aspek psikologi sosial, psikologi kesehatan klinis, psikologi klinis dan konseling, asuransi kesehatan, dan psikologi kondisi kesehatan kronis. Pencampuran daerah yang komplek ini memerlukan dana pengetahuan yang besar. Rehabilitasi psikologi saat ini makin bertambah berbagai aplikasi dalam mempersiapkan pengaturan klinis, berkisar antara rumah sakit rehabilitasi pasien rawat inap ke pasien rawat jalan dan fasilitas masyarakat.

Konsep teori medan memperkaya penghargaan kami dari pengaruh kelompok yang kuat dan situasi ketidakmampuan individu. Langkah-langkah jitu mengenai bimbingan yang berhubungan dengan perilaku dalam pengertian pemeliharaan dari perilaku yang merugikan (Fordyce, 1976) dan laporan tentang gejala yang dipengaruhi oleh mekanisme psikologikal (Ince, 1980). Teori demonstrasi yang bagus sekali dari laboratorium ke klinik memiliki efek yang radikal atas fungsi fisik (misal, lihat Bab 22). Keahlian psikologikal dalam metode riset dan evaluasi sangat penting untuk berkembangnya program riset skala luas dengan pengumpulan data yang akhirnya digunakan dalam pengembangan program intervensi multidisiplin mengenai pengaruh yang lemah, pegaruh yang kuat, ketidakmampuan akan dana yang besar seperti luka pada sambungan sum-sum tulang belakang (Zasler & Kreutzer, 1994). Baru-baru ini, keahlian khusus telah mencapai status diplomat dari the American Board of Professional Psychology, menyatakan pengaruh rehabilitasi psikologi dalam lingkup psikologi profesional.

Kesempatan Rehabilitasi Psikologi dalam Perawatan Kesehatan Lingkungan yang Baru 

Corporatization pelayanan kesehatan di US dan pengakuan sumber daya yang terbatas pada biaya perawatan kesehatan dalam dana publik (misal, Medicare, Medicaid) mempunyai definisi ulang aktifitas khas klinik dari praktek psikolog. Pengaturan rehabilitasi tidak dibebaskan dari perubahan sistem keuangan kesehatan publik. Pengaruh kuat atas perubahan sistem keuangan baru-baru ini telah menimbulkan kekacauan lingkungan dalam program rehabilitasi. Psikolog yang sebelumnya telah nyaman tanpa memperdulikan sistem keuangan, menjadi ahli dalam pembayaran keuangan. Kecepatan perubahan dan aturan yang tidak jelas mengenai psikolog dalam sistem yang dibuat oleh kebanyakan psikolog. Pemilihan dan identitas yang bermacam-macam dalam rehabilitasi psikologi ditemukan perubahan dengan rasa percaya diri yang tidak dibagi oleh aturan tradisional.
 
Ada tiga alasan yang melingkupi mengapa rehabilitasi psikologi harus diberi kesempatan dalam pengembangan pelayanan kesehatan. Pertama, pengeluaran mayoritas pelayanan kesehatan berasosiasi dengan merawat dan manajemen penyakit kronis dan cacat dan dengan tahap halus asosiasi perawatan pada kondisi ini (Frank, in press). Baik sistem pelayanan kesehatan umum maupun pribadi ada penekanan peningkatan dalam nilai kepuasan dan perlu mencegah, mengisi, dan mengobati kondisi kronis dan gejala-gejala dengan cara pembiayaan yang efisien. Rehabilitasi psikologi lebih populer dan ahli dalam berbagai kebutuhan dan isu tentang masyarakat dengan kondisi-kondisi tersebut, mungkin lebih banyak spesialis dalam disiplin ilmu lain pada psikologi.
 
Kedua, berlaku penekanan pada perawatan pertama, pencegahan pertama dan kedua, dan pendekatan multidisilin yang sama dengan riset rutin juga praktek yang menarik dalam rehabilitasi psikolgi (Frank, 1999; Klapow, Pruitt, & Epping-Jordan, 1997). Sepanjang keberadaannya, rehabilitasi psikologi telah bekerja bahu-membahu dengan kolega dalam pengobatan, perawatan,  dan pendidikan menuju berbagai kesehatan dan mengenai seseorang dengan ketidakmampuannya. Hubungan ini telah disatukan dalam organisasi multidisiplin profesional, seperti the American Congress of Rehabilitation Medicine, the National Rehabilitation Association, and the American Association of Spinal Cord Injury Psychologists and Social Workers, yang mana rehabilitasi psikologi memberikan asumsi mengenai aturan kepemimpinan.

Rehabilitasi psikologi dipertunjukkan dan digunakan anggapan mereka tentang keahlian riset dalam pengerjaan dengan agensi dana pemerintah pusat yang ditujukan untuk membangun layanan dan riset prioritas yang berhubungan dengan ketidakmampuan seseorang. Psikolog rehabilitasi menganggap sama aturan dengan agensi dana pribadi, seperti the Paralyzed Veterans of America dan telah bekerja sama dengan organisasi ini untuk mengembangkan petunjuk praktek multidisiplin klinik.
Bersama-sama dengan agensi tersebut, psikologi rehabilitasi telah menunjukkan keinginan yang kuat dan terlibat aktif dalam public dan proses pembuatan asuransi kesehatan (Frank, Sullivan, & DeLeon, 1994). Aktifitas ini dapat mengangkat status dan pengaruh rehabilitasi psikologi pada alokasi sumber daya dan penyebaran dana untuk praktek dan riset berikutnya (Johnstone dkk., 1995). Aktifitas ini juga fundamental untuk psikolog agar dapat membantu sistem pelayanan kesehatan dengan berdasarkan pengetahuan bentuk pelayanan kesehatan tingkah laku (Leviton, 1996;Sanderson, Riley, & Eshun, 1997).
 
Ketiga, rehabilitasi psikologi -dengan prestasi yang baik dalam riset dan praktek- mewujudkan munculnya psikologi profesional sebagai profesi bidang kesehatan daripada profesi yang suram dan kesehatan mental yang tertekan. Rehabilitasi psikologi secara langsung mempengaruhi hasil itu di seberang membatasi definisi tradisional mental pengamalan sehat (e. g. , terapi sendiri untuk penyesuaian emosional). Psikolog rehabilitasi meliputi orang yang bersangkutan dalam memecahkan isu tentang kesehatan fisik dan kualitas hubungan kesehatan dalam hidup dan baik memperkenalkan dengan biopsychosocial mekanisme berasosiasi dengan penyakit, luka, cacat,  dan kesejahteraan sekedarnya disiplin kejiwaan lain dapat berusaha menandingi.
 
Sebagaimana yang telah kami jelaskan, rehabilitasi psikologi disusun dengan cara yang konsisten, dengan ekspansi yang cepat selama 2 dekade yang lalu. Pada 20 tahun yang lalu, pertumbuhan dalam rehabilitasi telah menyediakan banyak lapangan pekerjaan untuk psikolog daripada sektor klinik lain (Frank, Gluck, & Buckelew, 1990). Sekarang, bagaimanapun, perubahan dalam keuangan pada layanan kesehatan telah mengejutkan sistem rehabilitasi pembebasan. Sebagai obat halus merubah dasawarsa terdahulu dengan pergerakan kepada sistem pembayaran calon, rehabilitasi sekarang berubah. Di semua kekacauan perubahan, ada bahaya besar dan peluang benar. Banyak bahaya telah dituliskan; kami menambahkan sedikit pada teks ini. Kesempatan, mengira bahwa mengorganisir psikologi, program pelatihan, dan orang yang mampu membuka praktek dengan memanfaatkan waktu, adalah sasaran teks ini.
 
Selama 30 tahun berikutnya, "the graying amerika" (Frank dkk., 1990) akan dengan mantap mengubah pelayanan kesehatan yang diperlukan dalam kesatuan negeri. mengeram populasi amerika bersamaan dengan menambah di kondisi sehat kronis. di 1995, sebanyak 1 juta amerika mempunyai kondisi sehat kronis. per kapita berharga untuk individu dengan kondisi sehat kronis tiga waktu lebih tinggi daripada individu tanpa. individu dengan kondisi sehat kronis,  dan berakibat pembatasan di kegiatan, terdiri dari tentang 17% populasi tetapi mempertanggung jawabkan lebih dari 47% dari pengeluaran medis, menurut Hoffman dkk.
 
Seperti dituliskan oleh Frank (1999), individu dengan kekalutan kronis menjadi anggota akar asli rehabilitasi psikologi. Disiplin telah dibatasi fokusnya dari penekanan pada perawatan kronis ke kondisi kelumpuhan khusus. Akal ini telah dipindahkan disiplin ke visi sempit sama halnya perubahan di perhatian permintaan demografis ke kondisi sehat kronis. Dengan memusatkan di konsep lebih luas kondisi sehat kronis yang mungkin mendorong kearah cacat, rehabilitasi psikologi dapat menyeimbangkan menyediakan kejiwaan lengkap dan pelayanan-pelayanan integrasi komunitas ke populasi dengan banyak nyata memerlukan. Pada pokoknya, fokus ini di kondisi kronis menciptakan ilmu jiwa utama merawat dengan penekanan di chronicity sebagai melukiskan variabel. Akan tetapi, utama merawat model mungkin untuk; menjadi kurang sudah umum di masa datang. Ini membuat rasa kecil untuk rehabilitasi psikologi,  atau beberapa disiplin kejiwaan, ke salin model pengiriman medis. Meskipun surat protes penegakan hukum ini, semua pelayanan kesehatan sistem pengiriman mungkin memberatkan lengkap merawat itu termasuk komunitas reintegration keistimewaan utama di setiap aspek rehabilitasi psikologi.
 
Makin meningkatnya, kegagalan contoh medis halus telah mengakui dan sering meratap. Meningkat penekanan di efisiensi di pengiriman pelayanan kesehatan telah memperburuk prasangka obat ke fokus di gejala daripada orang keseluruhan. Rehabilitasi psikologi punya potensial mendirikan pelayanan-pelayanan asasi untuk individu dengan kondisi kronis. lakukan ini, disiplin harus fokus di ilmu jiwa sendiri (termasuk ilmu jiwa cacat), sebaik gaya hidup, cegahan, tepi batubata yang ditempelkan,  dan integrasi komunitas; kebanyakan tugas tidak dapat diceraikan ke pengamalan arus di disiplin. tidak ada ironi kecil itu, dengan memeluk wilayah ini, rehabilitasi psikologi kembali ke akar nya dan kenali sosial, kejuruan,  dan segi kejiwaan klinis sendiri. dengan datang lingkaran penuh, rehabilitasi psikologi menyatakan sah nya peranan provider sebagai dengan luas berdasarkan utama merawat pelayanan untuk individu menuntut kronis merawat.

Unsur pada  ini tidak dapat diceraikan mendekati dijelaskan di teks ini. pada waktu yang sama, penekanan terakhir disiplin di signifikan melumpuhkan kondisi, seperti pita suara tulang belakang atau luka otak, telah mengalamatkan. jadi, kami percaya dan harap bahwa  ini teks menawarkan integrasi dan meninjau hebat sekali melangkah dalam disiplin sebaik tantangan untuk berikut zaman. rehabilitasi psikologi menyediakan ideal template untuk ilmu jiwa profesional. disiplin diamalkan di pelayanan kesehatan penyesuaian, daerah dari pertumbuhan sangat besar. pajak-pajak rehabilitasi psikologi seluruh kekayaan keahlian klinis ilmu jiwa profesional dapat digunakan untuk dari psikoterapi sendiri ke neuropsychological penilaian ke terapi kelompok ke konsultasi.

Bidang Teks 
Meskipun pertumbuhan dan sukses rehabilitasi psikologi, kekurangan disiplin lengkap, yang terbaru teks yang membawa kesempurnaannya dan potensial. Pedoman rehabilitasi psikologi membangun ke dokumen lebarnya hebat dan kedalaman rehabilitasi psikologi dan menyediakan visi sejaman khusus. Sebagai perubahan dalam pembiayaan dan pengiriman pelayanan kesehatan telah menjelma ilmu jiwa profesional, model untuk pengiriman efektif pelayanan-pelayanan kejiwaan jarang. Rehabilitasi psikologi punya kebanyakan tawar lebih besar pernyataan. Sebagai contoh, rehabilitasi psikologi kendaraan ideal untuk utama merawat ilmu jiwa memusatkan saat kondisi kesehatan kronis. Dalam pedoman ini kami membawa bersama kokoh kemajuan ladang rehabilitasi psikologi dan potensialnya yang bertindak sebagai template untuk menerapkan ilmu jiwa.
Dalam desain teks ini, kami menuntun oleh kehormatan untuk jalan sempit evolusioner disiplin, sementara mengenali panorama peluang di saat ini. Lebarnya rehabilitasi psikologi memerlukan bahwa kami membagi bahan ke empat bagian.
 
Bagian I, kondisi klinis, banyak topik alamat dan wilayah yang telah menggambarkan ladang rehabilitasi psikologi seperti luka pita suara tulang belakang, luka otak traumatis, amputasi dan pukulan. Untuk wilayah ini, kami telah menambahkan wilayah kritis mencerminkan pertumbuhan disiplin, seperti geriatrik, luka bakar, sakit, rehabilitasi psikiatris, sklerosa kelipatan, perusakan berhubungan dengan perasaan,  dan terbitan di rehabilitasi anak-anak.
 
Bagian II, faktor kritis, menyediakan peninjauan wilayah keahlian pokok untuk ladang. Termasuk bekerja mendiskusikan keadaan fungsional dan mengukur kualitas hidup, penilaian oknum dan psychopathology, hasil, neuropsychological penilaian pada anak-anak dan neurorehabilitation, evaluasi forensik,  dan rehabilitasi individu dengan bengkak otak. juga tercakup di seksi ini deskripsi terbitan rehabilitasi unik seperti postacute program untuk luka otak. alkohol mencaci maki permainan kritis peranan di luka traumatis dan rehabilitasi dan dibincang. aplikasi resonans magnetik imaging (mri kepada otak dinamis saya membuktikan sebagai peramal hasil rehabilitasi terakhir, fungsional mri dijelaskan di seksi ini. lainnya metode rehabilitasi inovatif, constraint-induced pergerakan, juga meninjau kembali.
 
Bagian III, hubungan sosial antar pribadi, mengalamatkan pentingnya ekosistem tingkah laku ke hasil rehabilitasi. termasuk bab mengalamatkan ketidakmampuan dan lapangan kerja, dukungan sosial dan ketidakmampuan, perawatan keluarga, budaya,  dan faktor-faktor sosial kejiwaan yang mempengaruhi rehabilitasi. Juga dalam seksi ini pembahasan isu-isu yang berkaitan dengan pencegahan luka.
Bagian IV, isu-isu profesional, termasuk bab yang meninjau sistem pembayaran baru dalam rehabilitasi, isu-isu etis dalam rehabilitasi, dan isu-isu pendidikan untuk psikolog. Pedoman juga termasuk sumber daya untuk cepat dan referensi informasi: daftar sumber daya tambahan (e. g. , website, organisasi nasional), daftar frekuensi menggunakan akronim,  dan daftar kata.
 
Sama dengan bahan divisi ini, beberapa topik penting, seperti seksualitas dan orang-orang Amerika dengan ketidakmampuan bertindak dari 1990 (P. L. 101-336), menghilangkan. Penghilangan ini patut disesalkan,  tetapi cerminan bermacam-macam ladang. Niscaya, ada penghilangan-penghilangan lain -ladang telah tumbuh terlalu besar untuk satu teks ke depan setiap aspek. Meskipun kami mengakui bahwa teks tidak lengkap, kami percaya bahwa bahan termasuk menyediakan luas melihat ladang 40 tahun ke evolusi nya. Kami harap bahwa teks menyediakan cetak biru untuk zaman berikut dalam rehabilitasi psikologi.

Kesimpulan 
Rehabilitasi psikologi merupakan salah satu awal penerapan bidang klinis dalam psikologi profesional; hal itu diakui dalam divisi Asosiasi Psikologi Amerika lebih dari 40 tahun yang lalu. Namun keahlian khusus jarang menempati pusat tingkatan dalam psikologi Amerika.rehabilitasi psikologi sangat penting untuk mendapat perhatian dan dikembangkan. Adapun cakupan dalam rehabilitasi psikologi meliputi:
 
1. Kondisi klinis
 
Meliputi topik dan wilayah ditegaskan sebagai lapangan rehabilitasi psikologi diantaranya luka sum-sum tulang belakang, luka otak traumatis, amputasi, dan stroke.
 
2. Faktor kritis
 
Meliputi keadaan fungsional dan ukuran kualitas hidup, penilaian oknum dan psychopathology, neuropsychological penilaian pada anak-anak dan neurorehabilitation, evaluasi forensik,  dan rehabilitasi individu dengan bengkak otak.
 
3. Hubungan sosial antar pribadi
 
Meliputi arahan pada cacat dan lapangan kerja, dukungan sosial dan cacat, keluarga merawat memberikan, budaya,  dan sosial faktor kejiwaan mempengaruhi rehabilitasi.

4. Isu professional
 
Meliputi sistem pembayaran baru di rehabilitasi, terbitan etis di rehabilitasi,  dan terbitan pendidikan untuk psikolog.

No comments

Powered by Blogger.